Uik Klan Link URL

Jumat, 28 Desember 2012

Fungsi CONCATENATE Microsoft Excel


Kadangkala kita merasa kesulitan dalam menggabungkan beberapa kata menjadi sebuah kalimat di dalam aplikasi microsoft excel. Alasan ini tak lain dikarenakan kurangnya pengetahuan kita dalam memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di dalam microsoft excel. Padahal apabila kita telah menguasai fitur-fitur yang tersedia tersebut, kita mampu mengolah beragam data berbasis spreadsheet dengan cepat dan efektif tentunya. Selain itu, kita juga mampu memiliki pengetahuan yang lebih luas terkait cara penggunaan microsoft excel dari pada pengguna awam yang hanya mengetahui fungsi dari microsoft excel secara garis besar. Adapun microsoft excel yang terkenal sebagai program pengolah data berbasis spreadsheet mengandung banyak sekali fungsi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Kembali ke pembahasan semula, yakni bagaimana cara menggabungkan beberapa kata menjadi sebuah kalimat utuh dengan menggunakan aplikasi microsoft excel?

FUNGSI CONCATENATE, inilah jawabannya. Namun bagaimanakah cara penerapan dan penggunaan fungsi concatenate?

FUNGSI CONCATENATE yang mana termasuk dalam kelompok fungsi teks dan data di microsoft excel ini dapat membatu kita dalam mempercepat proses penggabungan beberapa kata yang kita kehendaki menjadi kalimat utuh. Fungsi concatenate mampu berisi 255 argumendan setiap argumen selalu dipisahkan dengan tanda koma ( , ) atau titik koma ( ; ).

Bentuk : CONCATENATE(teks1;teks2;...)

Perlu diperhatikan bahwa dalam menerapkan fungsi concatenate :

·         - teks1, teks2 merupakan teks yang terdapat di dalam sel yang akan digabungkan, teks tersebut dapat - berupa angka, alamat sel, maupun data teks (string).

·         - untuk memberikan spasi diantara dua kata atau teks, maka digunakan tanda petik ganda kemudian diikuti satu spasi kemudian diikuti kembali dengan tanda petik dua (“ “).

Untuk mengetahui cara menggunakan fungsi concatenate ini, ikutilah contoh di bawah ini:


Dari contoh di atas dapat kita analisa bahwa untuk menggabungkan kata Andina pada sel A2 dan kata Rahma pada sel B2, maka digunakan FUNGSI CONCATENATE di sel C2 dengan rumus yang dapat kita lihat pada formula bar.

Tidak sulit bukan? Dengan mengetahui fungsi concatenate pada microsoft excel ini kita dapat dengan mudah menggabungkan banyak kata menjadi sebuah kalimat yang utuh.

Selamat Mencoba ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons