Jumat, 28 Desember 2012

Perbedaan Workbook dengan Worksheet


Ketika Sahabat Excel mengaktifkan program Microsoft Excel,  maka sebuah buku kerja (workbook) kosong akan terbuka, siap untuk digunakan. Buku kerja baru tersebut terdiri dari 3 lembar kerja (Sheet) yang diwakili melalui tab lembar kerja (tab sheet) yang terletak di jendela aplikasi paling bawah. Jumlah Sheet  dalam tiap workbook dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan Sahabat Excel. Tiap lembar kerja dalam buku kerja, terdiri atas kolom yang diwakili oleh huruf, A, B, C, D ……, sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3,….dst. perpotongan antara baris dan kolom disebut Cell. Cell diberi nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya. Contohnya Cell C5 adalah perpotongan antara kolom C dan baris 5.

Agar kita dapat bekerja dengan Lembar sebar dengan lebih efektif, maka kita harus mengerti terlebih dahulu tentang perbedaan antara workbook dengan worksheet serta konsep yang digunakan dalam lembar sebar yaitu: Konsep WORKBOOKWorkbook merupakan kumpulan dari sheet, sedangkan lembar kerja yang terdapat dalam sheet disebut WORKSHEET.




Agar lebih mudah dalam pemahaman, bayangkan saja Workbook adalah sebuah buku tulis, dimana setiap buku terdiri dari beberapa halaman untuk menulis. Kita dapat menulis dihalaman 1 ( sheet 1 ), halaman 5 ( sheet 5 ), halaman 10 ( sheet 10 ) dan seterusnya. Bukunya disebut Workbook dan halaman - halamannyanya disebut Sheet, dan halaman tempat menulis disebut dengan Worksheet.

Sungguh simple bukan? Semoga tulisan tentang perbedaan workbook dengan worksheet ini bermanfaat bagi Sahabat Excel semua yang ingin mendalami cara menggunakan microsoft excel secara profesional, bila ada yang ingin ditanyakan, silakan isi kotak komentar di bawah.

Salam Sahabat Excel !!! ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons