Uik Klan Link URL

Jumat, 28 Desember 2012

Contoh Rumus Microsoft Excel



Microsoft excel identik dengan rumus-rumus khusus yang digunakan untuk mengolah suatu data, namun apabila kita tidak mengetahui cara menggunakan microsoft excel secara profesional, bagaimana kita memanfaatkan fitur utama dari microsoft excel tersebut? Postingan berikut ini dapat dijadikan jawaban atas ketidaktahuan tersebut. Mari kita mulai dengan berlatih membuat contoh rumus yang paling sederhana di microsoft excel sebelum mempraktekkan rumus yang lebih rumit. Pastikan kita telah membuka program microsoft excel (Ms. Excel) dan aktif di salah satu worksheet. Lanjutkan dengan mengikuti cara membuat rumus microsoft excel di bawah ini :
  • Pastikan kita aktif di salah satu sel kosong.
  •  Mulailah mengetikkan sebuah rumus yang kita anggap paling mudah. Contohnya   =11+7 di dalam sel B2.
  • Lalu tekan ENTER untuk mengakhirinya dan lihatlah hasilnya.




Dari contoh rumus yang telah kita buat di atas, tampak elemen rumus yang telah kita ketikkan di dalam Formula Bar. Jadi apabila kita ingin mengedit rumus tersebut, kita dapat langsung memperbaikinya melalui Formula Bar atau dengan cara tekan F2 di keyboard.

Selain cara langsung dengan mengetikkan angka-angka di dalam sel, pembuatan rumus di microsoft excel juga dapat dilakukan dengan menautkan/menghubungkan sel yang menjadi sumber rumus. Tentunya sel yang menjadi sumber rumus haruslah telah terisi dengan data yang dibutuhkan. Ikutilah cara sederhana pembuatan contoh rumus di microsoft excel berikut ini :
  1.  Isilah sebuah sel dengan data yang dibutuhkan, contoh angka 11 di sel A2.
  2.  Isi pula sel lain dengan data yang yang sama atau berbeda, contoh angka 7 di sel A4.
  3. Aktiflah di sel lain yang berbeda dengan kedua sel di atas, misalnya di sel B3. Sel inilah yang akan kita gunakan untuk membuat rumus.
  4. Kita akan membuat rumus yang sama dengan contoh di atas (=11+7), namun dengan cara yang berbeda. Kita awali rumus kita dengan operator sama dengan (=), selanjutnya kita klik sel  A2 yang berisi angka 11, kemudian ketik tanda plus (+), lanjutkan dengan mengklik sel A4 yang berisi angka 7. Selesaikan dengan menekan ENTER.




Hasilnya adalah 18 sebagaimana contoh rumus microsoft excel di atas. Itulah sedikit cara microsoft excel dalam pembuatan rumus paling sederhana.

Jangan hanya dibaca ya, tapi langsung praktekkan... OK  ^_^

1 komentar:

arya chello mengatakan...

Trims , ok

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons